Cerita Cekak Bahasa Jawa

Cerita Cekak Bahasa Jawa -- Dalam Bahasa Indonesia, cerpen memiliki arti cerita pendek. Sementara dalam Bahasa Jawa, cerpen lebih dikenal dengan istilah Cerkak atau cerita cekak Bahasa Jawa. Karena istilah cerkak berasal dari istilah Bahasa Jawa, dalam penyampaiannya pun, yang digunakan adalah Bahasa Jawa. Namun demikian, tingkatan Bahasa Jawa yang digunakan bisa berbeda-beda. Ada yang menggunakan Bahasa Jawa Ngoko (Bahasa Jawa Kasar), lalu ada pula cerita cekak yang menggunakan Bahasa Jawa Kromo dan Bahasa Jawa Kromo Inggil (Bahasa Jawa Halus). Sampai saat ini, khususnya masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta, masih sangat menyukai cerita cekak, baik cerita cekak yang berasal dari dongeng fiktif maupun dari cerita yang nyata.

Biasanya, cerita cekak dalam Bahasa Jawa dapat dengan mudah ditemui pada majalah atau koran yang beredar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sebagai contoh adalah Majalah Joko Lodhang, Harian Umum Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja dan masih banyak lagi.

Untuk materinya, cerita cekak Bahasa Jawa lebih banyak mengambil tema tentang kehidupan, nasehat, dan bisa juga tentang asmara. Bahkan, pada cerkak tertentu, sering juga dikombinasi dengan puisi cinta romantis yang sangat menarik bagi pembacanya.

Itulah sekelumit pengertian cerita cekak Bahasa Jawa. Semoga ini bisa menjadi tambahan informasi bagi yang membutuhkan.

 
eXTReMe Tracker